Pentingnya Menjaga Kebersihan Organ Intim Wanita

Seberapa pentingnya menjaga kebersihan organ intim wanita ? Balik lagi ke soal informasi kesehatan organ reproduksi wanita, dimana sebelumnya kami pernah membahas tentang bahaya kanker serviks dan cara pencegahannya. berikut akan kami sampaikan artikel tentang berbagai peradangan yang dapat terjadi pada organ reproduksi wanita.

Satu, peradangan bisa terjadi di lubang awal vagina. Ini adalah bagian terluar dari kelamin perempuan. Peradangan pada bagian ini disebut bartholinitis. “Bartholinitis diambil dari kata bartholini, yaitu kelenjar yang terdapat pada bagian mulut lubang vagina. Kelenjar ini biasanya terdapat pada posisi sekitar jam 5 dan 7. Fungsinya sebagai pelumas saat melakukan hubungan seksual. Kuman yang berada di sana bisa “jalan-jalan” ke wilayah lebih dalam, yaitu vagina.

Dua, setelah penyakit lebih ke dalam, terjadilah peradangan di vagina yang sering disebut vaginitis, biasanya diikuti rasa nyeri saat bersenggama. Jumlah kuman pun makin lama makin banyak. Dan ketika daya tahan tubuh semakin menurun, kuman-kuman akan makin leluasa menjelajah bagian lain, mulut rahim sehingga menimbulkan servisitis.

Tiga, peradangan di mulut rahim juga bisa ditandai oleh rasa nyeri saat bersenggama, diikuti pendarahan pasca-senggama. Biasanya, virus yang sering tinggal di daerah mulut rahim adalah Human Papilloma Virus (HPV). Virus inilah yang menyebabkan infeksi, cikal bakal kanker serviks..

Yang paling membahayakan adalah jika kuman juga merasa nyaman tinggal di daerah rahim. Seperti sudah dijelaskan di atas dengan perumpamaan beludru, rahim pun akan terluka dan menjadi buruk
rupa, sehingga tak lagi nyaman untuk ditempati.

Empat, parahnya, jika terus menjalar, kuman juga bisa menimbulkan radang panggul. Radang panggul terjadi jika mikroba sudah menembus rongga perut. Salah satu mikroba yang senang bermain di sini biasanya adalah klamedia. Mikroba ini sangat berbahaya, lantaran bisa bersemayam di saluran telur dan menyumbat saluran ini. Saluran yang tersumbat ini akan menyebabkan sel telur tak bisa keluar saat pembuahan, dan mengakibatkan kemandulan

Biasanya, penderita yang mengalami penyumbatan di saluran ini sulit hamil. Setelah diperiksa, baru ketahuan terjadi peradangan di sana. Biasanya, mereka sudah mengalami keputihan sejak sebelum menikah dan tidak diobati dengan baik.

Wah…! Ternyata kuman di ujung liang vagina mampu menembus sampai bagian terdalam organ reproduksi wanita jika tidak ditangani dengan tepat dan tuntas!

Mulai sekarang Anda sebagai wanita wajib untuk menjaga kebersihan organ intim Anda, dan untuk para pria sebaiknya memberikan edukasi dan perhatian lebih terhadap pasangan anda, karena memang wanita lebih rentan terserang kuman dan virus. Dan beberapa kasus penyebaran virus HPV, pria juga berperan dalam penyebarannya, maka wajib untuk para pasutri untuk menjaga kesehatan dan kebersihan. Sebelum berhubungan intim biasakan untuk melakukan ritual bersih-bersih organ intim masing-masing. Begitu juga setelah berhubungan. Jangan beri kesempatan kuman dan virus ini berkembang biak pada organ intim Anda.

Demikian artikel mengenai pentingnya menjaga kebersihan organ intim wanita. Jika anda suka dengan artikel ini klik like fb page kami disini untuk mendapatkan info penting lainnya tentang gaya hidup pasutri yang sehat dan harmonis melalui facebook.

Baca juga :
Tips memanaskan sex di pagi hari
Tips terpanas menggoda suami dengan payudara
Mengenal G-Spot area agar cepat orgasme 
Senam kegel untuk pria atasi ejakulasi dini 
Tips tahan lama berhubungan intim 
Tips Blow Job Wanita diatas ranjang



0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk perbaikan isi artikel

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda