Tips dan motivasi untuk berhenti merokok



Tips dan motivasi untuk berhenti merokok : Lihatlah peringatan yang ada disetiap bungkus rokok seperti yang terdapat pada gambar disamping. Tetapi peringatan semacam ini sepertinya tidak membuat takut para perokok, bahkan fakta yang ada di depan mata dengan adanya survey yang menyatakan bahwa merokok menyumbangkan angka yang cukup besar pada kematian, belum lagi dampak buruk lingkungan yang disebabkan asap rokok.

Sebenarnya sudah banyak kampanye tentang berhenti merokok, tetapi disini saya hanya ingin berbagi pengalaman saja, Saya adalah mantan perokok yang bisa menghabiskan 2 bungkus rokok perhari meskipun di bungkus rokok sudah ada peringatan seperti diatas, tetapi tidak berpengaruh banyak terhadap hasrat untuk merokok. Tidak mudah memang untuk berhenti merokok, saya pernah bertanya ke Dokter dan meminta nya agar mau memberikan resep obat untuk berhenti merokok. Sebelum Dokter memberikan resepnya ke saya, beliau berkata, apakah sudah niat sungguh-sungguh untuk berhenti, karena percuma kalau di berikan resep tetapi tidak ada niat yang kuat untuk berhenti, langsung saja saya jawab saya sudah niat Dok!!

Setelah saya minum selama 2 hari obat yang berbentuk pil dari Dokter tersebut, memang merokok rasanya jadi tidak enak, dan berhasil mengurangi rasa nikmat dari rokok yang biasanya saya rasakan.tidak seperti biasanya. Tetapi entah kenapa rasanya memang sangat sulit untuk meninggalkan kebiasaan tersebut. Meskipun rasa nikmatnya berubah, tetap saja saya mencicipi asap rokok yang sudah berubah rasa.Dan akhirnya setelah obat dari Dokter habis, 1 minggu kemudian kebiasaan saya merokok pun kembali lagi. Perjuangan yang berat karena saya memang dikelilingi oleh lingkungan yang mayoritas perokok, Dirumah, ditempat kerja, tempat nongkrong dan berkumpul bersama teman-teman.

Tetapi kemauan saya tetap ingin berhenti merokok, karena Almarhum Ayahanda tercinta juga terenggut nyawanya karena kebiasaan buruk tersebut. Saya mulai perbanyak membaca artikel tentang cara-cara berhenti merokok, saya kumpulkan banyak motivasi-motivasi untuk bisa berhenti merokok.

 

 Dan di artikel saya ini saya sudah merangkum artikel-artikel yang saya baca dari berbagai sumber, yang saya rasa cukup membantu membangun motivasi untuk bisa menghentikan kebiasaan buruk merokok.

Kandungan Zat Dalam Rokok:

1. Karsinogen.
Adalah zat penyebab kanker. Berikut adalah zat-zat yang bersifat karsinogenik yang terdapat pada rokok:
  • TSNAs: merupakan karsinogen utama pada rokok dan asap rokok.
  • Benzene: terkandung dalam pestisida dan bensin.. Asap rokok mengandung benzene kadar tinggi.
  • Pestisida: yang biasa digunakan untuk membunuh hama.
  • Formaldehid: bahan kimia yang digunakan untuk mengawetkan mayat.
  • Arsenik: biasanya digunakan dalam racun tikus.
  • Cadmium: terdapat dalam baterai.
 2. Senyawa Logam Beracun.

 3. Zat Radioaktif.
Zat dalam asap rokok yang berbahaya  bagi siapa saja yang menghirupnya. Limbah zat radioaktif yang terkandung didalam rokok akan menyebabkan kepala pusing, nafsu makan berkurang, sakit perut atau diare, badan menjadi demam, berat badan menurun, meningkatkan denyut jantung dan nadi, serta penyakit berbahaya seperti kanker dan serangan jantung.

4. Racun.
Penelitian menunjukan bahwa asap rokok mengandung 200 gas beracun.
  • Amonia: biasa digunakan dalam produk pembersih dan pupuk. Digunakan untuk meningkatkan efek nikotin didalam rokok.
  • Karbon monoksida: Terdapat pada asap kendaraan dan menyebabkan kematian dalam dosis tinggi. Asap rokok mengandungkarbon monoksida konsentrasi tinggi.
  • Hidrogen sianida: Dahulu, nazi menggunakan hidrogen sianida untuk membunuh orang dalam ruangan gas pada perang dunia kedua. Kini zat ini dapat ditemukan dalam asap rokok.
  • Nikotin: Digunakan dalam pestisida. Zat inilah yang menyebabkan kecanduan merokok. 

Reaksi Tubuh Saat Berhenti Merokok. 

  • 20 menit tanpa merokok.
20 menit setelah Anda mengisap rokok terakhir, detak jantung dan ritme jantung akan kembali normal. Tekanan darah juga berangsur turun.

  • 2 jam tanpa merokok.
Setelah dua jam tanpa asap rokok, denyut jantung dan tekanan darah akan kembali stabil. Ujung kaki dan tangan Anda mungkin akan terasa hangat. Semua ini merupakan tanda dari penghentian nikotin rokok yang Anda isap dua jam yang lalu.
  •  12 jam tanpa merokok.
Selama merokok, Anda telah menghisap karbon monoksida, zat yang dapat meracuni tubuh dalam. Seperti kita ketahui bahwa karbon monoksida dapat mengganggu sel darah mengikat oksigen, sehingga bisa memicu penyakit jantung. Setelah 12 jam berhenti merokok, karbon monoksida dalam tubuh akan mulai menurun, dan oksigen dalam tubuh akan meningkat hingga ke tingkat normal.

  • 24 jam tanpa merokok.
Bisa dikatakan bahwa rentang waktu 24 jam pasca berhenti merokok merupakan waktu krusial bagi orang yang berhenti merokok. Jika seseorang berhasil berhenti merokok selama 24 jam, berarti ia berhasil menurunkan risiko serangan jantung sebesar 20 persen dari 85 persen tingkat risiko saat ia merokok. Ini adalah awal yang sangat baik.

  •  48 jam tanpa merokok.
Selain merusak sistem pernapasan dan kardiovaskular, kebiasaan merokok juga dapat merusak sistem saraf tubuh Anda, yakni saraf pada indera penciuman dan perasa. Setelah 48 jam Anda berhenti merokok, ujung-ujung saraf Anda akan kembali tumbuh secara perlahan dan kemampuan indera penciuman dan perasa Anda akan meningkat. Di saat ini Anda akan mulai merasakan nikmatnya kesehatan.

  •  72 jam tanpa merokok.
Pada masa ini, kadar nikotin dalam tubuh Anda akan benar-benar bersih dan dikeluarkan oleh tubuh. Namun, tantangan terbesar biasanya akan mencapai puncak di waktu ini. Keinginan untuk kembali merokok yang lebih kuat, sakit kepala, mual, dan beberapa gejala psikis seperti sering marah, stres, mungkin akan Anda rasakan di masa ini. Namun Anda tidak perlu khawatir karena gejala tersebut akan berlalu dengan cepat.

  • 2-3 minggu tanpa merokok.
Setelah mencapai dua minggu berhenti merokok, tingkat kesehatan Anda akan meningkat. Fungsi-fungsi tubuh Anda mulai bekerja sebagai mana mestinya. Bahkan, Anda tidak akan merasa ‘ngos-ngosan’ atau berat di dada saat berolahraga. Di masa ini tubuh akan melakukan regenerasi sel-sel yang rusak, sirkulasi oksigen dalam tubuh akan meningkat, disertai peningkatan fungsi paru-paru yang signifikan. Anda pun bisa bernapas lebih ringan dan lega.

  •  1-9 bulan tanpa merokok.
Di dalam paru-paru terdaapt rambut halus (silia) yang berfungsi mendorong lendir keluar. Silia akan meregenerasi diri dan mulai berfungsi optimal, sehingga mengurangi risiko infeksi paru-paru. Gejala batuk dan sesak napas pun akan mulai menurun dengan pesat.

  • 1 tahun tanpa merokok.
Hadiahkan diri Anda reward yang paling istimewa untuk merayakan satu tahun bebas dari asap rokok. Satu tahun setelah berhenti merokok risiko serangan jantung akan berkurang hingga 50 persen. Dan tentunya risiko ini akan semakin menurun drastis jika Anda berhasil menghentikan kebiasaan merokok di tahun-tahun mendatang.

Sekali lagi, berhenti merokok memang tidak mudah. Namun, jika Anda ingin mendapatkan peluang hidup lebih lama agar bisa berkumpul bersama orang-orang tercinta, maka berhenti merokok patut dicoba.
Dan sekarang sudah 2 tahun tubuh saya bebas dari asap rokok, Selain efek tubuh yang ditimbulkan setelah lepas dari belenggu asap asap rokok yang semakin membaik, uang yang dulu setiap hari saya bakar alias untuk membeli rokok kini bisa saya manfaatkan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat. Mungkin dari segi keuangan memang relatif, bagi orang-orang tertentu mungkin tidak ada masalah dengan mengeluarkan uang untuk dibakar. Tapi untuk saya, seletah saya hitung-hitung, harga rokok yang dulu saya konsumsi sekarang ini sebesar Rp.15.000 x 2 bungkus/hari= 30.000. Jika saat ini saya masih menggunakan uang sebesar itu untuk membeli rokok, berarti dalam sebulan saya telah membakar uang sebesar Rp.900.000, hitunglah jika 1tahun dan seterusnya. Bisa anda gunakan untuk sesuatu yang lebih bermanfaat bukan.


1 comment:

Silahkan tinggalkan komentar untuk perbaikan isi artikel

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda