Mengenal fasilitas teknologi webinar

Mungkin sebagian pembaca masih asing dengan webinar, maka di artikel mengenal fasilitas teknologi webinar ini akan kami jelaskan secara perlahan tentang webinar.Sebelum jauh membahas tentang webinar maka yang harus anda ketahui adalah definisi dari webinar. Webinar adalah kependekan dari kata web seminar.
Jadi webinar ini bisa diartikan sebagai seminar berbasis web, yang kegiatannya diberdayakan untuk seminar, presentasi, kuliah, workshop, atau bahkan kotbah. Dan karena web berarti tanpa kehadiran secara fisik di pertemuan tersebut.
Webinar juga ada yang menyebutnya sebagai Web Conference atau webcast, pada prinsipnya sama saja, pada webinar : seorang presenter berkomunikasi dengan peserta webinar melaluiVideo Broadcast + Chating + Voice + Media Presentasi online (powerpoint / papan tulis virtual dll) . sedangkan peserta webinar berkomunikasi dengan chating secara live.
Mengapa tidak melalui voice & webcam? karena tentu jadi sangat “ramai” dan menghabiskan bandwidth koneksi internet, walaupun presenter bisa mengaturnya tapi akan sangat merepotkan & webinar menjadi tidak efektif lagi.

Mengapa kita harus mengenal webinar?
Kesibukan kita sehari-hari, jarak tempuh yang harus dilalui untuk mengadakan pertemuan, membuat kita mencari cara untuk bisa mengadakan pertemuan untuk membahas suatu hal misalnya pekerjaan, dengan cara-cara yang lebih efektif. Dan kondisi perubahan teknologi yang terus berkembang dapat mengubah pola hidup masyarakat. Dan teknologi secara tidak langsung selalu menutut manusia untuk hidup lebih praktis, mudah, murah dan efisien.

Pertama kali penulis mengenal webinar
Awalnya penulis merupakan seorang karyawan swasta yang selalu mengadakan pertemuan bahkan tidak jarang harus meeting keluar kota menemui client, atau membahas kesulitan project perusahaan ke kantor cabang di daerah. Aktifitas pekerjaan seperti ini membuat waktu dan tenaga terkuras, bahkan waktu untuk keluarga pun menjadi berkurang, selain itu budget pengeluaran kantor juga lebih besar.
Kemudian di awal tahun 2013, penulis mulai menjalani bisnis online dan bergabung di abenetwork. Sebuah perusahaan yang menjalankan pemasaran dengan sistem jaringan yang  sebagian besar kegiatan pemasarannya di jalankan secara online. Dan memang di dukung dengan web support yang sangat canggih, sehingga memudahkan para marketer produk-produk abe yang ditawarkan. Termasuk untuk seminar bagi para member baru, seminar untuk menjalankan bisnis dengan benar, trik-trik meningkatkan penjualan online, bahkan untuk orang yang benar-benar gaptek pun akan di ajarkan bagaimana cara mengikuti webinar di abenetwork. Dan semua di kerjakan secara online.
Pengalaman pertama penulis mengikuti webinar di abenetwork adalah sebuah pengalaman yang bisa di jadikan pelajaran, betapa mudahnya mengikuti seminar tanpa harus bersusah payah datang ke gedung pertemuan, karena cukup dirumah asal ada koneksi internet. Tidak memikirkan kostum yang akan di pakai, karena ini adalah pertemuan online dan bukan seperti seminar formal pada umumnya bertemu banyak orang secara langsung, cukup dengan kaos oblong, celana pendek, bahkan cukup dengan menggunakan kain sarung pun sudah bisa mengikuti webinar di abenetwork tanpa keluar rumah dan bermacet-macetan, yah namanya juga seminar online, jadi tidak perlu keluar rumah asalkan ada koneksi internet di rumah. Semua ini benar-benar efektif, hemat waktu, biaya, dan tenaga kita. Apalagi jika pertemuan seperti seminar, presentasi, dan pertemuan-pertemuan sejenis ini sangat sering kita lakukan.

Kendala-kendala webinar
Webinar juga biasanya memiliki kendala yang sangat umum terjadi bagi yang koneksi internetnya tidak stabil, yaitu terjadinya delay, voice presenter patah-patah, atau video lag, namun hal ini tidak terjadi bagi yang koneksi internetnya stabil & bagus, seiring dengan kemajuan teknologi internet di Indonesia yang berkembang luar biasa cepatnya, maka masalah koneksi ini semakin baik dari waktu ke waktu (masih ingat tahun 2000 koneksi masih sekelas GPRS? tapi sekarang sudah 3G, HSDPA & 4G)
Juga di tahun 95-an koneksi internet begitu mahalnya? sangat jarang orang punya akses internet? kini anak SD saja sudah piawai browsing pakai BB, ipad, android… dan sudah pasti akan semakin meluas wilayah yang makin mampu mengaksesnya.
Coba anda perhatikan saat ini para operator juga tidak lagi murah-murahan pulsa, tapi iklannya sudah tentang “koneksi internet” tentang “ANTI LELET” :) YES, wake up!  dunia kita sudah banyak sekali berubah, bagi anda yang tidak ingin di”LIBAS” zaman cyber, maka mau tidak mau, siap atau tidak siap, harus BISA mengikutinya. Belajar dunia online memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, tapi juga tidak sesulit seperti membuat pesawat terbang.

Persiapan untuk mengikuti webinar agar kendala bisa di minimalisasi

Untuk bisa mengurangi kendala-kendala diatas apabila anda ingin mengikuti webinar :
  1.  Pastikan koneksi internet yang anda pakai stabil.
  2.  Rekomendasi : gunakan browser Mozilla firefox terbaru, untuk download Mozilla Firefox klik di disini
  3. Pastikan komputer sudah terinstal flashplayer terbaru, download di sini
  4. Gunakan headset untuk mendengarkan suara presenter agar tidak ada echo (gema), jika tidak punya sementara bisa memakai earphone BB/ HP yang memiliki colokan yang sama dengan laptop / PC anda.
  5. Saat mengikuti webinar, matikan semua aplikasi seperti (Yahoo Messenger, Email Client dll) agar koneksi lebih lancar, dan anda lebih fokus menyimak.
  6. Simak jadwal & update status terbaru dari webinar yang akan Anda ikuti.


0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk perbaikan isi artikel

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda